Kapan Usia Ideal Untuk Anak Mulai Berpuasa?

 

Berpuasa adalah ibadah wajib bagi semua Muslim di seluruh dunia, seperti tertulis dalam al-Quranulkariim bahwa ibadah puasa juga telah diwajibkan kepada kaum-kaum terdahulu agar bertakwa. Terjemah Surat al-Baqarah ayat 183 semakin sering terdengar di saat seperti sekarang menjelang Bulan Puasa dan selama Ramadhan baik di berbagai media maupun di dalam kajian-kajian Islam sebagai dasar Muslim menjalankan puasa.

Ibadah Puasa hukumnya wajib artinya jika dilakukan akan mendapatkan pahala, begitu juga sebaliknya bagi yang tidak melaksanakan akan berdosa. Ibadah Puasa di bulan Ramadhan juga merupakan salah satu rukun Islam, menjadi pilar keIslaman seseorang untuk meraih level keimanan tertinggi yaitu Takwa. Bagi kita para orangtua tentunya menginginkan anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah, memiliki bekal keilmuan duniawi yang tinggi juga mumpuni dalam ilmu agama sehingga kelak menjadi manusia bertakwa sebagaimana diidam-idamkan semua orangtua di dunia ini. Anak adalah titipan Allah, mempunyai anak adalah anugerah terindah dimana kenikmatan yang dirasakan tidak bisa terbeli atau digantikan oleh apapun, saya sendiri saat ini dianugerahi seorang bidadari kecil yang saya beri nama "Cheryl Maruta Ahyafillah" usianya hampir 2 tahun sedang lucu-lucunya, fotonya seperti terlampir di artikel ini, saya merasa tidak ada yang bisa menggantikan anugerah ini begitu luar biasa anugerah Allah menghadirkan bayi mungil di tengah-tengah keluarga kami. Bagaimana dengan anak-anak anda? Tentu mereka menjadi sumber kebahagiaan bagi anda sekeluarga bukan? Ya.. Pasti semua orang tua sangat mencintai anak-anaknya dan berharap kelak anaknya akan menjadi anak yang seperti yang didambakan orangtuanya. Sebelum melanjutkan artikel mari Aminkan doa ini : Rabbana hablanaa min ajwajina wadzurriyatina qurrota a'yun waj'alna lil muttaqiina imamaa. Semoga anak-anak saya dan anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah, Amiin.

Para orangtua yang berbahagia telah mendapatkan titipan Allah berupa malaikat-malaikat kecil yang lucu yang selalu membuat hari-hari anda bahagia dan ceria, saya mengingatkan diri saya sendiri sebagai seorang ayah juga istri tercinta saya Maswhah Riza Anwar selanjutnya kepada seluruh orangtua agar jangan terlena, jangan sampai melupakan satu hal penting yaitu bahwa anak selain anugerah dari Allah, mereka juga amanah yang diberikan kepada kita untuk senantiasa dijaga, dibekali ilmu agama dan menjadi kewajiban kita untuk selalu mengajarkan keIslaman agar mereka memiliki pondasi keimanan yang kuat sehingga mereka bisa mengenal Allah dengan sebenar-benarnya, menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.


Bulan Ramadhan menjadi satu momen tepat untuk membekali anak-anak kita dengan ajaran-ajaran Illahiyah, nuansa Ramadhan akan memberikan berkah bagi semua Muslim yang taat kepadaNya. Mari jadikan momentum indah ini untuk mengajari anak-anak kita menjalankan perintah Allah salah satunya yaitu puasa, satu ibadah wajib yang memang tidak mudah namun dengan cara yang baik dan santun akan membuat anak tidak merasa berat menjalankannya. Diperlukan beberapa tips agar anak merasa senang menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan, pengalaman saya pribadi sering menemui teman-teman yang anak-anaknya masih balita namun sudah full berpuasa satu bulan lamanya, tapi ada juga yang saya temui beberapa bahkan sudah di usia baligh tapi masih belum mau berpuasa. Lantas apa yang harus dilakukan agar anak mau berpuasa? Sudah menjadi kewajiban kita   mengajak anak-anak berpuasa, tentunya kita juga jangan mengandalkan paksaan atau ancaman yang justru membuat anak takut melainkan dengan cara-cara khusus agar anak dengan sendirinya merasa senang menjalankan puasa, salah satu hal yang paling mendasar adalah mengetahui usia ideal kapan anak harus mulai berlatih puasa. Kapan waktu ideal itu, silahkan baca artikel lengkapnya di postingan saya yang berjudul "Mengenalkan Puasa Untuk Anak Usia Dini", silahkan Klik Disini

Kapan Usia Ideal Untuk Anak Mulai Berpuasa? 4.5 5 inoa group Berpuasa adalah ibadah wajib bagi semua Muslim di seluruh dunia, seperti tertulis dalam al-Quranulkariim bahwa ibadah puasa juga telah diwaj...


No comments:

Post a Comment

Back to top