Menghitung Uang Pecahan yang Dibutuhkan Menggunakan Excel

 

InoaGroup.com - Berawal dari suatu saat ketika saya diminta bantuan bagian Keuangan untuk membantunya menghitung gaji mingguan di tempat saya bekerja, setelah rekap selesai diketahuilah gaji setiap karyawannya, tugas selanjutnya tinggal melaporkan ke pimpinan jumlah uang yang harus dibayar untuk gaji mingguan kali inidapatkan kumpulan DP BBM TERBARU, klik disini
www.inoaGroup.com

Microsoft Excel

"Menghitung Uang Pecahan Yang Dibutuhkan"

  Oleh : Soli InoaGroup.com

Tak lama setelah dilaporkan, pimpinan segera memberikan segepok uang untuk dibagikan ke karyawan yang kira-kira berjumlah 150 orang. Selanjutnya saya pun diminta bantuan untuk memasukkan uang ke dalam amplop masing-masing karyawan, masalahnya uang segepok tadi masih berupa pecahan 100 ribuan dan 50 ribuan tentunya karena pimpinan mengambil dari bank dan langsung memberikan sejumlah uang sesuai laporan yang diminta.  
Bagian akunting kemudian menyuruh Office Boy kantor untuk menukar uang ke POM BENSIN, nah disini saya baru mengetahui kerumitan sebelum menukar uang karena saya diminta bantuan untuk memecah uang tersebut sebelum ditukar, maksudnya OB akan menukar uang tersebut namun harus tahu dulu uang berapa saja yang harus ditukar, berapa uang 100 ribuan yang dibutuhkan, 50 ribuan, 20 ribuan, 10 ribuan sampai ke pecahan terkecil 100 rupiah.
Bagian akunting kemudian mulai "prosesi pencentangan" dengan cara menceklist satu demi satu gaji karyawan, sambil menghitung berapa jumlah pecahan yang dibutuhkan masing-masing amplop. Karena 150 orang membutuhkan beberapa lembar, saya pun diberi "jatah" 3 lembar untuk melakukan "prosesi pencentangan" tersebut. 





Disinilah saya mulai berfikir, ah rumit sekali! ah lama sekali! ah boros waktu harusnya bisa untuk mengerjakan hal lain! Saya pun mencoba berdiskusi kepada bagian akunting tersebut untuk menghentikan cara manual ini, dan diapun menyetujui. Kebetulan saja hari itu hari Sabtu sehingga saya tidak terlalu banyak kerjaan, akhirnya kami sepakat untuk menyelesaikan pekerjaan itu hari itu juga, dan dia menerima saran saya mulai minggu depan akan saya buatkan program untuk memecah Uang Pecahan tersebut menggunakan MS. Excel sehingga bisa lebih efisien dan efektif.
Setelah selesai, saya pun mulai membuka laptop saya dan utak atik Microsoft Excel untuk membuat rumus agar mulai minggu depan tidak ada lagi "prosesi" melelahkan itu, juga untuk menghindari kesalahan-kesalahan mengingat "prosesi melelahkan" itu riskan dengan kesalahan, saya akui saya sendiri rada-rada ngantuk ngerjainnya, sumpah   ...  hehe dan hasilnya ini dia, saya upload juga untuk anda yang mungkin membutuhkannya, simak ya di tulisan saya berikutnya, silahkan KLIK DISINI

RUMUS MENGHITUNG UANG PECAHAN YANG DIBUTUHKAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL



Baca Juga Artikel Lainnya :

Menghitung Uang Pecahan yang Dibutuhkan Menggunakan Excel 4.5 5 inoa group InoaGroup.com - Berawal dari suatu saat ketika saya diminta bantuan bagian Keuangan untuk membantunya menghitung gaji mingguan di tempat...


No comments:

Post a Comment

Back to top