Mengenal Komponen Utama Komputer

 

InoaGroup.com - KOMPONEN UTAMA KOMPUTER

Sebelum belajar mengoperasikan komputer sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal komponen-komponen komputer, sebuah komputer bisa dioperasikan jika terdapat 3 elemen penting yang harus terpenuhi, ketiga elemen tersebut adalah Hardware, Software dan Brainware. Mari mengenal satu demi satu komponen tersebut.dapatkan kumpulan DP BBM TERBARU, klik disini
www.inoaGroup.com

BELAJAR KOMPUTER TINGKAT DASAR

"KOMPONEN UTAMA KOMPUTER"

Gambar :  Suasana  inoaGroup saat mengajar in House Training 
di Desa Ngargosoko, Kec. Kaliangkrik Kab. Bandongan  (Januari 2016)
Oleh : Soli InoaGroup.com


1.  Hardware
Hardware adalah perangkat keras komputer yang dapat dilihat, diraba atau dipegang, mudahnya kita mengenal Hardware adalah perangkat-perangkat yang dapat terlihat dengan mudah. Hardware terdiri dari perangkat input (contoh: keyboard, mouse, joystick, touchpen), output (contoh: monitor, LCD, Proyektor, Printer, SoundSpeaker), media penyimpanan (contoh: Harddisk, Flashdisk, CD, DVD, Disket, MMC) dan perangkat pemroses (contoh: RAM, Modem, VGA, CD ROM). Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat digunakan.



2.  Software
Software adalah perangkat lunak yang merupakan suatu program/aplikasi yang dapat digunakan dalam komputer berupa perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer. Software yang dimaksud ialah Windows, media pemutar seperti winam, browser seperti Chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya. Tanpa adanya software-software ini, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan.








3.  Brainware
Brainware (pemakai) merupakan seseorang yang mengendalikan atau pengguna yang mengoperasikan komputer, dengan kata lain sebagai SDM (Sumber Daya Manusia) nya. Jadi Hardware dan software atau komputer tidak akan berfungsi tanpa adanya Brainware (pengguna) yang menjalankan.





Ketiga komponen diatas adalah keharusan yang memiliki fungsi dan peran saling berkaitan satu sama lain, tidak bisa saling dipisahkan. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi, maka komputer tidak akan  bisa di jalankan. BACA JUGA : MS. OFFICE 2016 TELAH DIRILIS, BELI ATAU TIDAK?


Baca Juga Artikel Lainnya :

Mengenal Komponen Utama Komputer 4.5 5 inoa group InoaGroup.com -  KOMPONEN UTAMA KOMPUTER Sebelum belajar mengoperasikan komputer sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal komponen-komp...


No comments:

Post a Comment

Back to top