Pengajian Bahasa Jawa : SABAR & SYUKUR

 

Pengajian Rutin Ahad Legi
Majlis Taklim Nurul Burhan


Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang
(Minggu, 14 September 2014)



====================================

"SABAR & SYUKUR"
oleh : Kyai Tholhah


BERITA PANCURANMAS - Warga Pancuranmas mempunyai kegiatan rutin keagamaan yang beaneka macamnya, salah satunya pengajian rutin selapanan, pengajian ini diadakan setiap selapan sekali (selapan = 35 hari). Masing-masing dusun mempunyai kegiatan selapanan, salah satunya yang diadakan di Majlis Taklim "Nurrul Burhan" setiap hari Minggu Legi. Majlis Taklim ini sekarang juga menjadi pusat tempat pendidikan agama warga sekitar juga Pesantren Pandan Wangi yang sekarang mempunyai santri/santriwati hampir seratus anak, dari usia dini, TK, SD, dan SMP.

Pada kesempatan ini Hari Minggu tanggal 14 September 2014 Majlis Taklim "Nurrul Burhan" kembali mengadakan Pengajian Rutin dengan pembicara Gus Sowam dari Girirejo, namun karena Gus Sowam sedang mengisi Pengajian Keberangkatan Haji maka Pengajian Rutin kali ini diisi oleh Kyai Tholhah.



Acara dimulai siang hari sekitar pukul 11.00 WIB, namun sebelum acara dimulai, biasa diisi dengan penampilan grup Rebana dari Dusun Bojong, Pancuranmas yang menampilkan beberapa lagu. Adapun acara dibuat ringkas seperti biasa yaitu Pembukaan, Birrul Walidain/Tahlil yang dipimpin oleh Bapak Ustad Masrukhin kemudian Sambutan Ketua Panitia diisi oleh Bapak Solichin, selanjutnya acara inti yaitu Maidhoh Hasanah oleh Bp. Kyai Tholhah. Dihadiri oleh santri/wati Pesantren Pandan Wangi, warga sekitar Majlis yaitu warga Bojong, Gedawung, Basung Pancuranmas dan sekitarnya.


Bagi yang ingin mendengarkan/melihat isi ceramahnya, berikut kami sediakan link video nya :

====================================


====================================
bagi yang berminat untuk menghadiri, kami persilahkan setiap hari Minggu Legi jam 11.00 WIB. 

Denah bisa dilihat di googlemaps berikut :


http://youtu.be/8qTRjj3c0ic


Berikut adalah isi ringkas ceramah Bp. Kyai Tholhah 
Muslimin wal muslimat
Kula panjenengan sedaya dipun gesangangaken wonten ing alam donya, pagesangan punika dipun paringi jodhon-jodhon. Tapi jodhon punika lamun kula panjenengan dipun aturi milih, temtu milih ingkang sae. Namun wusananipun Allah paring punika boten seneng terus, sehat terus, mula kapan kula panjenengan sedaya pengin dadi tiyang ingkang iman utuh, midherek Nabi Agung : "Al Imaanu nisfaani, nisfun fi syukri wa nisfun fi shobri". Iman punika ingkang sesigar syukur ingkang sesigar sabar. 



Juga dalam ceramahnya Bp. Kyai Tholhah mengutip hadits Nabi : 


Fitnah seperti potongan malam kelam

"Menjelang hari Kiamat nanti bakal terjadi fitnah-fitnah seperti potongan malam kelam. Pada saat itu seseorang beriman pada pagi hari dan menjadi kafir pada sore harinya, beriman pada sore hari dan menjadi kafir pada pagi harinya. Ia menjual agamanya dengan materi dunia."

(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)


Semoga bermanfaat, Amin

RAMADHAN 2014
tags : 
soliriza
solirizafb
Pengajian Bahasa Jawa : SABAR & SYUKUR 4.5 5 inoa group Pengajian Rutin Ahad Legi Majlis Taklim Nurul Burhan Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang (Minggu, 14 September 2014) =======...


No comments:

Post a Comment

Back to top